Timnas di Mata Para Bocah

sumber gambar : aivil-timelessworld.blogspot.com
sumber gambar : aivil-timelessworld.blogspot.com

Ngabuburit hari kemaren saya habiskan dilapangan bola.Senang sekali melihat anak-anak tengah bermain bola dengan ceria.Dilapangan yang luas meski menguning lantaran rumputnya banyak yang mati.Tapi tentu saja mereka jauh lebih beruntung dari anak-anak ibukota yang tak punya lapangan.Kalaupun ada,ujung-ujungnya diusir siempunya.
Di sisi lapangan didekat tempat saya duduk,ada lima orang anak-anak tengah asik mengolah sikulit bundar.Kira-kira umur mereka masih 7 - 10 tahunan.
Baju yang dikenakan pun tampaknya mewakili idola masing-masing.Ada jersey barcelona dengan nama punggung Messi,Fabregas.Ada juga Ozil sampai Bachdim.
Saat saya sedang asik memperhatikan,mereka tiba-tiba berhenti dan beristirahat.Tiga orang diantaranya duduk didekat saya dan sisanya tinggal dilapangan.Anak berkostum Bachdim duduk paling dekat dengan saya.Kemudian Bachdim kecil ini saya ajak ngobrol.
“Kenapa berhenti mainnya dek?”
“Capek om..,sayakan puasa”
“ahh.. masa kamu puasa??”
“iya om.. tadi puasa sampai siang”
“oooo… hehe,bajunya bagus,siapa yang beliin?”
“yang beliin ayah om..tapi duitnya saya sendiri”.
“loh? kok gitu?”
“tadinya ayah beliin baju MU (Manchester United),tapi saya nggak suka”.
“nggak suka apanya? bajunya?”
“nggak suka MU om..”
“ooo..jadi sukanya timnas Indonesia?”
“iya om…”
“Kamu tau nggak semua pemain timnas?”
“tau om..Irfan Bachdim,Gonzales,Okto,Bambang Pamungkas.. “
“Hebat nggak mereka?”
“Hebat om..,saya juga mau main timnas”.
(teman-temanya yang lain ikut jawab.Ada yang bilang ‘nggak’)
Saya tertarik sama anak yang bilang timnas nggak hebat.Dia pakai baju Real Madrid dengan nama Ozil.Saya pun tertarik nanya-nanya dia.
“Eh..kamu tadi bilang enggak,apanya yang enggak?”
“Timnas nggak hebat om,masa kalah terus”.
“Timnas itu sebenarnya hebat kok,cuman lawannya lebih hebat”.
“HAAAAA..SAMA AJA OM..” (hampir semua anak)
“kalian tau PSSI nggak?”
“apa om?? Persib??”
“PSSI bukan persib”
“Tau..om tau..” (anak yang berkostum olahraga SD yang dari tadi diam menyaut)
“Apa coba…??”
“Persatuan sepak bola Indonesia!”
“kurang lengkap tuh,yang bener Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia!”
Anak-anak yang masih duduk dilapangan bersorak memanggil teman-temannya untuk main lagi.Tapi mereka menolak karena kecapean.Akhirnya anak yang lainpun bergabung ke sisi lapangan.Sayapun meneruskan obrolan sambil menunggu buka puasa.
“Kalian semua mau nggak main buat Timnas Indonesia?”
“mau om..mau..mau” (hampir semua anak)
“kalau dilarang orang tua kalian gimana??”
“masa dilarang sih om?? ayah ibu pasti senang”
“ya.. misalnya kalau dilarang gimana??”
(mereka diam.. hening)
“kok diam??”
“Nggak mungkin dilarang om.. Ayah saya saja hobi bola”
Mendengarkan jawaban anak ini,terlintas lagi konflik PSSI dan KPSI dipikiran saya.Benar kata anak ini.Kalau ayah mereka hobi bola dan mencintai sepakbola,nggak mungkin ngelarang si anak bela timnas.Tapi kenapa orang-orang yang katanya mau memajukan sepakbola nasional malah bikin rusuh terus ya.Bahkan ada yang melarang untuk membela timnas.
Saya tidak bisa membayangkan jika anak-anak yang masih polos ini dihadapkan pada situasi yang terjadi sekarang.Dilarang membela timnas demi rebutan kekuasaan dan jabatan.Betapa sedihnya mereka.Mungkin ada yang berontak.Tapi mungkin juga ada yang hanya bisa menangis.Takut akan ancaman segelintir orang yang birahi pada kepentingan pribadi.
Matahari sudah hampir tenggelam.Sebelum beranjak pulang saya masih sempat melempar pertanyaan.
“Pilih mana,main untuk timnas atau Barcelona?”
“TIMNAS OOMM !!!”
“Kalau Real Madrid?”
“TIMNAS OMM!!”

 Dipublikasi oleh: Kompasiana

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/372897_131353430292780_619288642_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/188096_134547703323278_1162554518_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/372896_322832097804252_1451457464_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/188076_323826454312372_464368268_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157988_245544635468600_1221856100_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157972_225236267569573_1370082627_n.jpg

Baguru On Facebook

 
© Copyright 2010-2011 Baguru All Rights Reserved.
Template Design by Baguru | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.