Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan



Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan (1)
Ini bagian pertama dari risalah lima bab karya Wallace D. Wattles yang berjudul “How to Get What You Want”. Terjemahan bebas ini saya garap berdasarkan naskah yang dikumpulkan dan disunting oleh Richard A. Catalina, Jr, diterbitkan pertama kali oleh Princeton Cambridge Publishing Group, Princeton, New Jersey, USA. Salam. A.S. Laksana
    




***


1 2 3 4 5

 SUKSES adalah meraih apa yang anda inginkan. Dan ia merupakan akibat, yang didatangkan oleh suatu sebab. Sukses pada intinya sama dalam segala kasus, yang berbeda hanyalah apa yang anda tuju. Akan tetapi keberhasilannya sama, apakah itu keberhasilan dalam menjadi sehat, sejahtera, dalam pengembangan karier, atau dalam meraih posisi tertentu. Sukses adalah pencapaian, tanpa melihat apa yang dicapai. Dan ada hukum sebab-akibat yang bekerja dalam setiap bentuk keberhasilan.

Kerena keberhasiilan adalah sama belaka untuk semua bidang, penyebab keberhasilan itu tentulah sama untuk semua bidang.

Penyebab keberhasilan selalu ada di dalam diri orang-orang yang berhasil. Pernyataan ini pasti benar. Jika penyebab keberhasilan ada di luar sana, di antara kemerlip bintang-bintang atau di kedalaman perut Planet Venus, maka semua orang dalam situasi yang sama pastilah berhasil. Penyebab sukses bukan pada lingkungan, karena jika demikian, semua orang dalam lingkungan tertentu akan mendapatkan keberhasilan yang sama. Dan sukses juga bukan urusan pertetanggaaan. Kita melihat orang-orang yang tinggal di kampung yang sama tidak memiliki tingkat keberhasilan yang sama.

Dari sana kita meyakini bahwa penyebab keberhasilan ada di dalam diri tiap-tiap individu yang berhasil, bukan di tempat-tempat lain.

Sekarang secara matematis bisa dipastikan bahwa anda akan berhasil jika anda memahami penyebab keberhasilan, dan mengembangkannya dalam kekuatan yang memadai, dan menerapkannya secara tepat pada pekerjaan anda. Jika ada kegagalan di sana-sini, dalam pelbagai hal, itu pasti karena anda tidak menerapkannya secara tepat.

Penyebab keberhasilan adalah suatu kekuatan dalam diri anda, yang bisa anda kembangkan seluas mungkin karena memang tidak ada batas bagi perkembangan mental. Anda bisa mengembangkannya begitu rupa semau anda. Dan anda bisa membuatnya cukup kuat untuk melakukan apa yang anda ingin lakukan, mendapatkan apa yang anda ingin dapatkan. Pada kondisi ia cukup kuat, anda bisa belajar bagaimana cara menerapkannya pada urusan anda sehari-hari anda. Sekali lagi, yang perlu anda pelajari adalah penyebab keberhasilan—dan bagaimana menerapkannya.

Anda tentu saja perlu meningkatkan kecakapan dalam pekerjaan anda. Kita tidak mungkin berharap orang sukses sebagai musisi tanpa kecakapan bermusik. Dan tentu saja absurd mengharapkan keberhasilan sebagai ahli mesin tanpa kecakapan di bidang permesinan. Sama absurdnya dengan mengharapkan keberhasilan sebagai penulis tanpa upaya mengembangkan pemahaman tentang bahasa, komposisi, dan kekuatan kata-kata.

Dalam memilih sebuah pekerjaan atau bidang usaha, sudah semestinya anda memilih bidang yang di sana anda memiliki kecakapan. Jadi, jika anda memiliki kecakapan di bidang permesinan dan kurang sabar dalam berurusan dengan binatang, jangan memilih jadi pawang kera. Pilih bidang yang anda memiliki kecakapan di sana, dan gunakan kecakapan anda pada tingkat tertinggi yang bisa anda lakukan.

Sialnya, ini juga tidak cukup bagi anda untuk sukses.

Banyak orang dengan kecakapan musikal yang hebat gagal sebagai pemusik, dengan kemampuan menulis yang bagus gagal sebagai penulis, dengan bakat unggul sebagai arsitek gagal di bidangnya, dan sebagainya. Kecakapan dalam bidang tertentu adalah perangkat anda untuk menjalankan urusan anda sebaik-baiknya. Namun sukses tidak hanya tergantung pada perangkat hebat yang anda miliki. Ia lebih tergantung pada kekuatan yang anda terapkan saat anda menggunakan perangkat anda. Pastikan bahwa anda memiliki peralatan terbaik dan jagalah ia selalu dalam keadaan terbaiknya. Namun anda juga selalu bisa mengembangkan kecakapan baru apa pun jika itu diperlukan untuk keberhasilan anda.

Kecakapan bermusik menyebabkan keberhasilan seseorang di bidang musik, kecakapan menulis menyebabkan orang berhasil di bidang penulisan, dan sebagainya. Tetapi kecakapan hanyalah alat, dan pengguna alat itu adalah anda. Ketika anda menggunakan kecakapan anda dalam cara yang tepat, pada waktu yang tepat, dan pada tempat yang tepat, anda akan sukses.

Lalu, apa kekuatan yang ada dalam diri manusia dan menjadi penyebab keberhasilan? Apa yang akan membuat anda selalu bisa menggunakan kecakapan anda secara tepat, di waktu yang tepat, di tempat yang tepat?

Itulah yang akan kita bahas dalam bagian selanjutnya. Namun sebelum sebelum memasuki bagian itu, anda perlu membaca bagian ini berulang kali, sehingga anda memiliki pemahaman yang melekat kuat bahwa anda bisa sukses. Itu benar. Dan jika anda bersungguh-sungguh mendalami argumen-argumen di bagian selanjutnya, anda akan yakin bahwa anda bisa sukses. Dan meyakini bahwa anda bisa sukses adalah persyaratan pertama untuk sukses. ***

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/372897_131353430292780_619288642_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/188096_134547703323278_1162554518_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/372896_322832097804252_1451457464_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/188076_323826454312372_464368268_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157988_245544635468600_1221856100_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157972_225236267569573_1370082627_n.jpg

Baguru On Facebook

 
© Copyright 2010-2011 Baguru All Rights Reserved.
Template Design by Baguru | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.