Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan


 

Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan (2)

Bagian kedua dari risalah lima bab karya Wallace D. Wattles yang berjudul “How to Get What You Want”. Terjemahan bebas ini saya garap berdasarkan naskah yang dikumpulkan dan disunting oleh Richard A. Catalina, Jr, diterbitkan pertama kali oleh Princeton Cambridge Publishing Group, Princeton, New Jersey, USA. Salam. A.S. Laksana
***


1 2 3 4 5

Kecakapan adalah perangkat untuk mewujudkan keberhasilan. Penerapan yang tepat dari perangkat-perangkat ini pada pekerjaan atau urusan anda akan membuat anda meraih apa yang anda inginkan. Beberapa orang sukses karena mereka menggunakan perangkat mereka dalam cara yang berhasil. Kebanyakan orang gagal sekalipun memiliki tingkat kecakapan yang sama dengan mereka yang berhasil. Mereka gagal karena menggunakan peralatan dalam cara yang gagal. Ada sesuatu dalam diri orang yang sukses, yang memungkinkannya menggunakan perangkat-perangkat mereka secara sukses. Dan sesuatu inilah yang tentunya terus diperkuat oleh mereka yang sukses. Pertanyaanya, apa itu?

Susah untuk menemukan satu kata yang bisa mewakili hal itu secara tepat. Sesuatu itu adalah Keseimbangan. Keseimbangan merupakan perpaduan antara kedamaian dan kekuatan. Namun ia juga bukan sekadar keseimbangan, karena keseimbangan adalah kondisi, dan sesuatu yang kita bicarakan ini adalah sebuah aksi dan sekaligus kondisi. Sesuatu ini adalah Keyakinan. Namun ia juga lebih dari sekadar keyakinan yang dipahami secara umum. Dalam pemahaman umum, keyakinan adalah suatu tindakan untuk mempercayai sesuatu yang tidak bisa dibuktikan, dan sesuatu yang menjadi penyebab keberhasilan adalah lebih dari itu. Ia adalah kekuatan kesadaran yang melandasi tindakan. Ia adalah pengaktifan kesadaran.

Kesadaran-aktif adalah perasaan yang muncul tatkala anda menyadari bahwa anda bisa melakukan sesuatu dan anda tahu bagaimana melakukannya. Jika saya mampu membuat anda menyadari bahwa anda bisa dan tahu bagaimana cara meraih sukses, itu berarti saya telah meletakkan keberhasilan di dalam genggaman anda. Alasannya, jika anda menyadari bahwa anda bisa melakukan sesuatu dan tahu bagaimana cara melakukannya, maka anda tidak mungkin gagal. Dengan catatan, anda melakukannya secara sungguh-sungguh. Jika anda berada dalam kesadaran-aktif, anda akan menangani urusan-urusan anda dengan kerangka pikiran yang berhasil. Setiap pemikiran anda akan selalu menjadi pemikiran yang berhasil, setiap tindakan akan menjadi tindakan yang berhasil. Dan jika setiap pemikiran dan tindakan anda berhasil, keseluruhan tindakan anda tidak mungkin gagal.

Jadi, apa yang saya sampaikan dalam kesempatan ini adalah mengajarkan kepada anda bagaimana menciptakan Kesadaran-Aktif dalam diri anda. Dengan begitu anda akan menyadari bahwa anda bisa mengerjakan apa yang anda ingin kerjakan, dan kemudian saya akan mengajarkan bagaimana cara melakukannya. Baca lagi bagian pertama tulisan ini; ia memberi bukti dengan logika tak terbantahkan bahwa anda bisa sukses. Ia menunjukkan bahwa apa pun yang bisa dipikirkan orang lain, anda juga bisa memikirkannya. Perbedaannya, kalaupun ada, adalah dalam tingkat perkembangannnya. Dan, faktanya, segala yang belum berkembang bisa dikembangkan. Kita akan membuktikan bahwa penyebab keberhasilan ada dalam diri anda, dan ia bisa dikembangkan secara maksimum.

Saat membaca ini, anda harus percaya bahwa anda bisa sukses. Namun tidak cukup jika anda sekadar percaya bahwa anda bisa. Bawah sadar anda pun harus tahu sebagaimana pikiran sadar anda. Orang sering mengatakan, “Jika kau berpikir bisa, maka kau bisa.” Tapi itu tidak benar. Jika anda berpikir bisa, anda belum tentu bisa—jika pemikiran itu hanya ada di tingkat sadar. Bawah sadar anda sering berseberangan dengan apa yang ada di dalam pikiran sadar anda dan mengalahkannya.

Yang sebenarnya terjadi adalah ini: Anda bisa jika bawah sadar anda tahu bahwa anda bisa; dan terutama sekali jika pikiran sadar anda betul-betul terlatih untuk melakukan fungsinya. Orang gagal karena berpikir, di tingkat sadar, bahwa ia bisa, tetapi bawah sadarnya tidak tahu bahwa ia bisa. Yakinlah bahwa itu yang sejauh ini terjadi dengan bawah sadar anda. Dan ketidaksadaran semacam itu harus disingkirkan, sebab ia menghalangi kekuatan besar yang anda butuhkan.

Bawah sadar adalah sumber bagi kekuatan besar anda untuk menjalankan kecakapan apa pun yang anda miliki. Dan keraguan anda akan melemahkan kekuatannya. Akibatnya, tindakan anda akan melemah. Karena itu, langkah pertama anda adalah meyakinkan bawah sadar anda akan kenyataan bahwa anda bisa. Ini harus dilakukan dengan mengulang-ulang sugesti. Lakukan latihan mental ini beberapa kali sehari. Dan terutama pada waktu menjelang tidur. Pikirkan sungguh-sungguh tentang mentalitas bawah sadar anda, yang merembes ke seluruh tubuh sebagaimana air meresap ke dalam spons. Saat anda memikirkan ini, cobalah merasakannya dan seketika anda akan menyadarinya. Pertahankan kesadaran ini, dan katakan dengan kesungguhan hati, “Aku bisa sukses! Semua yang bisa dicapai orang lain, aku bisa mencapainya. Aku orang yang sukses. Aku berhasil karena dalam diriku dipenuhi Kekuatan Sukses, kekuatan yang mewujudkan keberhasilan.”

Itu sepenuhnya benar. Sadari bahwa itu sepenuhnya benar, dan ulangi terus-menerus sampai mentalitas anda dipenuhi dengan pengetahuan bahwa anda memiliki kesanggupan untuk melakukan apa yang anda ingin lakukan. Anda sanggup. Orang lain sanggup, dan anda bisa melakukan lebih dibandingkan orang lain, karena mereka belum menggunakan secara maksimum kekuatan yang mereka miliki. Kekuatan itulah yang akan membuat anda sukses besar dalam bidang usaha anda ketimbang yang diwujudkan orang-orang lain sebelum anda.

Praktekkan otosugesti*) di atas selama sebulan dengan tekun, dan anda akan mulai paham bahwa penyebab keberhasilan itu benar-benar ada dalam diri anda. Dan kemudian anda siap melangkah ke bagian berikutnya tulisan ini, yang akan memberi tahu anda bagaimana menerapkannya dalam setiap tindakan anda. Namun, ingatlah bahwa sangat penting bagi anda untuk mula-mula meyakinkan bawah sadar anda bahwa anda bisa—anda memiliki kesanggupan untuk mewujudkan keberhasilan anda.***

-------------

Catatan:

*) Wallace D. Wattles menulis ini di awal abad ke-20. Sebagaimana yang ia sendiri yakini, dunia terus meningkat dan kehidupan selalu berkembang ke arah yang lebih baik. Maka demikian pula dengan teknik otosugesti yang ia sampaikan. Ia masih menggunakan pola afirmasi yang sekarang mungkin terasa ketinggalan, tetapi menurut saya yang penting adalah anda memahami prinsip-prinsip yang ia sampaikan. Perihal otosugesti, dari waktu ke waktu orang terus berusaha menemukan pendekatan-pendekatan yang lebih efisien. Dan karena menyadari pentingnya otosugesti untuk pelbagai bidang yang anda ingin tingkatkan dalam kehidupan anda, maka saya memutuskan untuk mendahulukan pelatihan otosugesti. Saya yakin bahwa pelatihan akan meringkas waktu pembelajaran sekiranya anda tidak punya cukup waktu untuk mendalaminya sendiri melalui buku-buku. Silakan klik di sini.– ASL

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/372897_131353430292780_619288642_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/188096_134547703323278_1162554518_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/372896_322832097804252_1451457464_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/188076_323826454312372_464368268_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157988_245544635468600_1221856100_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157972_225236267569573_1370082627_n.jpg

Baguru On Facebook

 
© Copyright 2010-2011 Baguru All Rights Reserved.
Template Design by Baguru | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.