Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan



Bagaimana Meraih Apa yang Anda Inginkan (3)
Bagian ketiga dari risalah lima bab karya Wallace D. Wattles yang berjudul “How to Get What You Want”. Terjemahan bebas ini saya garap berdasarkan naskah yang dikumpulkan dan disunting oleh Richard A. Catalina, Jr, diterbitkan pertama kali oleh Princeton Cambridge Publishing Group, Princeton, New Jersey, USA. Salam. A.S. Laksana


***
 
 
 
 

1 2 3 4 5

Setelah membangun mentalitas, sadar dan bawah sadar, dengan keyakinan bahwa anda sanggup meraih apa yang anda inginkan, urusan berikutnya adalah metode. Anda tahu bahwa anda mampu melakukannya secara benar; tetapi yang mana cara yang benar itu?

Untuk mendapatkan lebih, sudah barang tentu anda harus menggunakan secara konstruktif apa yang anda miliki. Anda tidak bisa menggunakan apa yang tidak anda miliki. Karenanya, urusan anda adalah bagaimana menggunakan secara betul-betul konstruktif apa yang telah ada miliki. Jangan buang waktu untuk berangan-angan tentang bagaimana anda akan menggunakan sesuatu sekiranya anda memilikinya. Gunakan saja apa yang ada di tangan anda. Titik. Tingkat kecepatan anda untuk meraih apa yang anda inginkan sangat tergantung pada cara anda menggunakan sebaik-baiknya apa yang ada di tangan anda. Banyak orang mentok, atau mendapatkan apa-apa begitu lambat, karena mereka hanya memanfaatkan sebagian sarana, kekuatan dan peluang yang mereka miliki.

Anda bisa melihat hal ini lebih jelas dengan menggunakan alam sebagai perumpamaan. Dalam proses evolusi, tupai mengembangkan kekuatan lompatan mereka secara maksimum; kemudian upaya yang terus-menerus untuk meningkatkan lompatan itu menghasilkan tupai terbang, yang memiliki membran yang menghubungkan kaki-kakinya. Membran itu berfungsi sebagai parasut dan memungkinkan binatang tersebut “terbang” melebihi jarak terjauh yang bisa dicapai dengan lompatan. Sedikit perkembangan dari parasut tersebut menghasilkan kelelawar, binatang bersayap membran yang benar-benar terbang. Perkembangan selanjutnya menghasilkan burung, yang memiliki sayap bulu.

Perubahan dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya, anda tahu, selalu dicapai dengan cara menyempurnakan dan meluaskan fungsi-fungsi.  Jika tupai tidak berusaha memperjauh lompatannya, maka tidak akan ada tupai terbang. Penggunaan secara konstruktif kekuatan lompatan itulah yang menghasilkan tindakan terbang. Jika anda hanya melompat setengah jarak dari kemungkinan terjauh yang bisa anda capai, anda tidak akan pernah terbang.

Di alam, kita melihat bahwa kehidupan meningkat dari satu level ke level berikutnya dengan penyempurnaan fungsi oleh pada level yang lebih rendah. Setiap kali sebuah organisme memiliki hasrat meluap untuk melakukan penyempurnaan fungsi di levelnya, maka ia memulai gerakmya menuju level di atasnya atau level yang lebih besar. Tupai pertama yang mengembangkan membran parasut pastilah ia pelompat yang sempurna. Ini prinsip evolusi yang paling mendasar, juga prinsip pencapaian segala hal.

Sejalan dengan prinsip tersebut, anda bisa meningkat hanya dengan berbuat lebih di tempat anda sekarang. Anda harus melakukan secara sempurna apa saja yang bisa anda lakukan sekarang. Dan begitulah hukumnya. Dengan mengerjakan secara sempurna apa saja yang anda bisa kerjakan sekarang, maka anda akan memiliki kesanggupan untuk mengerjakan urusan-urusan yang sekarang anda belum sanggup mengerjakannya.

Mengerjakan sesuatu sebaik mungkin akan memberi kita perlengkapan yang kita perlukan untuk mengerjakan urusan berikut yang lebih besar. Itu prinsip yang melekat pada kehidupan alami yang terus meningkat. Setiap orang yang mengerjakan satu hal secara sempurna segera akan dihadapkan pada kesempatan untuk memulai hal lain yang lebih besar.

Inilah prinsip universal kehidupan yang tidak akan pernah meleset. Pertama-tama, lakukan sesempurna mungkin apa saja yang anda bisa lakukan sekarang. Kerjakan terus sesempurna mungkin sampai urusan itu menjadi terlalu mudah bagi anda sehingga anda tetap punya kekuatan setelah menyelesaikannya. Kemudian, dengan kekuatan tersebut anda akan bisa mengerjakan urusan di level yang lebih tinggi, dan mulai membangun kontak dengan lingkungan.

Masuki bisnis yang di situ anda bisa menggunakan kecakapan utama anda, bahkan sekalipun anda harus memulainya dari dasar sekali, kemudian kembangkan kecakapan anda setinggi mungkin. Asah kesadaran-aktif anda, sehingga anda bisa menerapkan kecakapan anda dalam cara yang berhasil. Gunakan seluruh kecakapan anda untuk mengerjakan secara sempurna apa saja yang anda mampu kerjakan sekarang.

Jangan menunggu lingkungan berubah; hal itu mungkin tidak akan terjadi. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik adalah dengan memanfaatkan secara konstruktif lingkungan anda saat ini. Hanya ketika anda bisa bekerja secara sempurna di lingkungan anda saat ini, maka jalan untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik akan terbuka bagi anda.

Jika anda berhasrat meluaskan bisnis anda, ingatlah bahwa anda hanya bisa melakukannya dengan cara mengerjakan semua urusan yang anda tangani saat ini sesempurna mungkin. Jika anda cukup bergairah untuk melakukan lebih dalam bisnis anda saat ini, surplus kekuatan anda memungkinkan anda mengembangkan bisnis berikutnya.  Jangan berniat mengembangkan yang lain sampai anda berhasil menangani urusan sekarang ini secara mudah. Tak ada untungnya memiliki banyak pekerjaan atau banyak bisnis jika anda tak punya gairah untuk mengerjakannya secara sempurna. Jika seperti itu, tingkatkan kekuatan anda lebih dulu. Dan ingat, kesempurnaan anda dalam mengerjakan urusan-urusan saat inilah yang akan meluaskan lahan anda dan mempertemukan ada dengan lingkungan yang lebih luas.

Camkan bahwa kehidupan adalah motif terkuat yang akan membuat anda meraih apa yang anda inginkan. Dan meraih apa yang anda inginkan, pendeknya, adalah satu-satunya kesempatan untuk meningkatkan kehidupan. Karena itu, anda bisa meraih apa yang anda inginkan hanya melalui pelaksanaan prinsip universal. Dan itu prinsip yang telah menyebabkan kehidupan terus meningkat dalam wujud yang lebih sempurna. Prinsip itu adalah setiap kali sebuah organisme memiliki luapan gairah untuk melakukan secara sempurna semua pekerjaan di levelnya sekarang, luapan itu akan mengangkatnya ke level berikutnya yang lebih tinggi. Ketika anda sangat bergairah untuk mengerjakan urusan anda saat ini secara sempurna, kekuatan ekstra anda akan mendorong pekerjaan anda ke wilayah yang lebih luas. Sangat penting juga bagi anda untuk menetapkan tujuan, sehingga anda bisa mengarahkan surplus kekuatan anda ke sasaran yang tepat.

Rumuskan secara jelas apa yang ingin anda raih, tetapi jangan sampai tujuan itu mengacaukan urusan-urusan yang sekarang harus anda kerjakan secara beres. Jadikan tujuan anda sebagai pemandu bagi kekuatan anda, dan sebagai inspirasi yang mendorong anda menggunakan kecakapan anda di tingkat puncak. Hiduplah sekarang untuk masa depan. Katakanlah tujuan anda saat ini adalah memiliki department store, dan modal anda hanya cukup untuk membuka kios mungil. Jangan coba-coca smembuka department store hari ini dengan modal kios mungil. Akan tetapi bukalah kios kecil dengan keyakinan penuh dan kepercayaan diri bahwa anda akan bisa mengembangkannya menjadi department store. Lihatlah kios mungil anda sebagai langkah awal menuju department store, dan buatlah ia tumbuh. Anda bisa melakukannya.

Dapatkan bisnis lebih banyak dengan memanfaatkan secara konstruktif bisnis anda sekarang. Dapatkan lebih banyak kawan dengan menggunakan secara konstruktif kawan-kawan yang anda miliki sekarang. Dapatkan posisi yang lebih baik dengan menggunakan secara konstruktif apa saja yang anda miliki saat ini. Dapatkan lebih banyak kebahagiaan dalam rumah tangga dengan menggunakan secara konstruktif cinta yang sudah ada di dalam rumah anda saat ini.***

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/372897_131353430292780_619288642_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/188096_134547703323278_1162554518_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/372896_322832097804252_1451457464_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash2/188076_323826454312372_464368268_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157988_245544635468600_1221856100_n.jpg https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc4/157972_225236267569573_1370082627_n.jpg

Baguru On Facebook

 
© Copyright 2010-2011 Baguru All Rights Reserved.
Template Design by Baguru | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.